Demokrasi Formal, Material dan Demokrasi Campuran

Sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian demokrasi menurut para ahli, mari simak tentang macam demokrasi berdasarkan titik perhatian atau prioritasnya terdiri atas tiga jenis demokrasi yaitu demokrasi formal, material dan demokrasi campuran. Berikut penjelasan ketiga demokrasi diatas:
  1. Demokrasi Formal adalah demokrasi yang memberikan kekuatan hukum yang sama dalam bidang politik tanpa adanya pertimbangan perbedaan ekonomi. Dalam demokrasi formal ini, individu dalam masyarakat diberi kebebasan yang luas dalam bernegara. Kita kenal jenis demokrasi ini sebagai demokrasi formal.
  2. Demokrasi material adalah demokrasi yang terjadi pada negara sosialis-komunis. Demokrasi ini lebih mengedepankan kesamaan hak oleh warganya dalam bidang sosial-ekonomi dibandingkan bidang politik.
  3. Demokrasi campuran adalah demokrasi yang menggabungkan kedua jenis demokrasi sebelumnya. Dalam demokrasi ini, menyamakan tiap hak dan derajat dari setiap individu atau rakyat demi terciptanya kesejahteraan rakyat.
Demokrasi formal, material, demokrasi campuran
Demokrasi adalah mayoritas
Jadi, setelah memperhatikan jenis demokrasi diatas, menurut anda demokrasi yang berlaku di Indonesia adalah demokrasi mana, yang satu, dua atau tiga. Atau sebaiknya menurut anda demokrasi mana yang bagus untuk Indonesia.
Sekian ulasan tentang demokrasi formal, material dan demokrasi campuran
Sponsored by

0 Response to "Demokrasi Formal, Material dan Demokrasi Campuran"

Posting Komentar